Read more: Cara Membuat Tulisan Judul Blog Berjalan http://ojelhtc.blogspot.com/2011/12/cara-membuat-tulisan-judul-blog.html#ixzz1g70iReY3 Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike

tulisan

welcome : selamat mengakses, semoga bermanfaat

Rabu, 14 Desember 2011

Kongres Internasional


Kongres Internasional
Kongres IX Bahasa Indonesia yang bertaraf internasional yang diadakan Pusat Bahasa, 28 Oktober – 1 November 2008 ini merupakan puncak seluruh kegiatan kebahasaan dan kesastraan serta peringatan 80 tahun Sumpah Pemuda. Dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju era global, bahasa asing mulai memasuki ranah-ranah penggunaan bahasa Indonesia. Selain itu, penggunaan bahasa daerah tertentu telah meluas di seluruh Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda. Di sisi lain, beberapa bahasa daerah mulai ditinggalkan kalangan muda.
Kongres yang diikuti 1.276 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia dan beberapa negara seperti Australia, Belanda, Jepang, Malaysia, dan Singapura, ini membahas lima hal utama, yakni (1) bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan penggunaan bahasa asing, (2) sastra Indonesia dan sastra daerah, (3) pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, daerah, dan asing, (4) pengajaran bahasa Indonesia bagi orang asing, dan (5) penggunaan bahasa Indonesia di media massa.
Kongres bahasa ini menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri, para pakar bahasa yang selama ini telah melakukan penelitian dan mengembangkan bahasa Indonesia. Tema Kongres IX Bahasa Indonesia, “Bahasa Indonesia Membentuk Insan Indonesia Cerdas Kompetitif di Atas Fondasi Peradaban Bangsa”. Kongres ini merupakan kegiatan lima tahunan. Kongres I Bahasa Indonesia diadakan di Solo, 25-27 Juni 1938; Kongres II di Medan, 28 Oktober-2 November 1954; Kongres III di Jakarta, 28 Oktober-3 November 1978; Kongres IV di Jakarta, 21-26 November 1983; Kongres V di Jakarta 28 Oktober -3 November 1988; Kongres VI di Jakarta, 28 Oktober-2 November 1993; Kongres VII di Jakarta, 26-30 Oktober 1998; Kongres VIII di Jakarta, 14-17 Oktober 2003.
Dalam kegiatan ini, Pusat Bahasa juga memberikan penghargaan kepada para pemenang Tahun Bahasa/Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2008 yaitu, (1) Adibahasa. kategori A: Provinsi Jawa Timur; kategori B: Provinsi Sumatera Barat; kategori C: Provinsi Sulawesi Tenggara, (2) Peringkat Media Massa Cetak Berbahasa Indonesia Terbaik Koran Tempo, Kompas, Sinar Harapan, (3) Tokoh Berbahasa Lisan Terbaik Prof. Dr. M. Din Samsudin, Prof. Dr. Marie Elka Pangestu, Prof. Dr. Meutia Farida Hatta Swasono, S.S.,M.A., Anas Urbaningrum, Maudi Kusnaedy, (4) Duta Bahasa. Pemenang I: Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, II : Provinsi Sumatra Barat, III: Provinsi Jawa Barat, (5) Penghargaan Sastra Pusat Bahasa: Hamsad Rangkuti dengan karya Kumpulan Cerpen Bibir dalam Pispot, Ahmadun Yosi Herfanda dengan karya Kumpulan Puisi Ciuman Pertama untuk Tuhan, Arthur S. Nalan dengan karya Drama  Sobrat, (6) Penghargaan Tokoh Pengajaran Bahasa Indonesia di Luar Negeri: Prof. Dr. Ulrich Kratz, Pengajar Bahasa Indonesia di SOAS, London, (7) Penghargaan Tokoh Pelestarian Bahasa dan Sastra Daerah: Dra. H. Suryatati A. Maman, Wali Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.
Panitia juga menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba
Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional, Penulisan Proposal Penelitian Bahasa dan Sastra untuk Mahasiswa (Tingkat Nasional), Sayembara Penulisan Cerpen Remaja Tingkat Nasional, Sayembara Penulisan Esai Pengajaran Bahasa/Sastra untuk Guru SD (Tk. Nasional), Sayembara Penulisan Puisi bagi Siswa SD , Lomba Kaligrafi Bahasa Indonesia, Lomba Pembuatan Poster, Debat Bahasa Antarmahasiswa, dan Penulisan Cerita Rakyat .
Luh Ayu Cinta Hertiyanti dari SMAN 1 Banjar Banyuatis, Bali, keluar sebagai pemenang I Sayembara Penulisan Cerpen Remaja dengan karya berjudul Misteri Daun Cengkeh. Siswa SMAN 1 Denpasar keluar sebagai pemenang V dalam Festival Musikalisasi Puisi. Georgina Audrey Imanuella Saptono Putri, SD Santo Yoseph 2 Denpasar keluar sebagai pemenang III Sayembara Penulisan Puisi bagi Siswa SD dengan puisi berjudul Istanaku. - rat
Media muat: Koran Tokoh, 9 November 2008

1 komentar: